Wikipedia

Search results

Tuesday 27 September 2011

Sejarah Rubik







Rubik diciptakan oleh Erno Rubik seorang Dosen di Akademi Seni Terapan dan Kerajinan di Budapest, Hungaria pada tahun 1974. Latar belakang Erno Rubik sebagai Arsitek dan ketertarikan nya akan bentuk geometry 3D membuatnya menciptakan Rubik yang sangat terkait erat dengan struktur dan bentuk geometry.

Kubus Rubik atau yang lebih dikenal sebagai Rubik tercatat sebagai mainan yang terlaris dan terpopuler sepanjang masa serta hampir dimainkan diseluruh belahan bumi. Berdasarkan penelitian tentang Rubik Cube diperoleh fakta yang mencengangkan.
  • 1 dari 5 orang dewasa di Benua Eropa dan Amerika pernah memainkan Rubik's Cube
  • Hanya 2 diantara 100 orang yang pernah memainkan Rubik's Cube mampu menyelesaikannya.
  • Terdapat 43.252.003.274.489.856.000 ( 4.3 x 1019 ) kombinasi kemungkinan dalam sebuah Kubus Rubik standar 3x3x3 namun hanya terdapat 1 penyelesaian.
http://triosaphat.blogspot.com/2011/08/rubik.html
Sepanjang catatan sejarah, telah diciptakan Kubus rubik dengan berbagai bentuk dan kombinasi, diawali dengan rancangan 3x3x3 kubus fleksibel yang dipatenkan pada tahun 1977, Di Jerman, pada tahun 1980 Rubik's Cube mendapat penghargaan sebagai Games of The Year , pada tahun 1982 Rubik's Cube menjadi kata tersendiri yang masuk dalam kamus the Oxf hingga pada tahun 2007 Rubik's Cube dinobatkan sebagai The Coolest Brand in the World.

Pada Mei 2007, Thibaut Jacquinot dari Perancis menjadi orang pertama yang menyelesaikan Cube di bawah 10 detik dalam persaingan terbuka, menetapkan waktu rekor dunia 9,86 detik. Saat ini rekor dunia untuk memecahkan satu ditetapkan oleh Erik Akkersdijk pada 2008 Ceko Buka
dengan waktu 7,08 detik.

Cubing Kejuaraan Kecepatan diadakan di Budapest pada Oktober 2007 dan dihadiri oleh Ernő Rubik sendiri.

Beberapa kompetisi rubik :

* Mata tertutup pemecahan
* Penyelesaian Cube dengan satu orang ditutup matanya dan orang lain mengatakan apa yang bergerak harus dilakukan, yang dikenal sebagai "Tim penutup mata"
* Penyelesaian Cube bawah air dalam satu napas
* Penyelesaian Cube menggunakan satu tangan
* Penyelesaian Cube dengan satu kaki

Pada 2007, Rubik's Cube mengalahkan persaingan ketat untuk diakui dalam daftar CoolBrands tahunan oleh Superbrands organisasi.

Hingga kini Secara reguler World Cube Association (WCA) menyelenggarakan Kejuaraan Dunia Kubus RUbik (World Rubik's Cube Championship) untuk mengumpulkan para penggermar Rubik's Cube di seluruh dunia dan untuk mencari pemecah rekor baru dari beberapa kategori pertandingan berdasarkan cara penyelesaiannya; kategori biasa (reguler), dengan satu tangan (one handed), dengan mata tertutup (blind folded) dan kategori penyelesaian dengan kaki (with feet).
Rubik's Cube saat ini banyak digunakan di sekolah dan universitas untuk membantu menjelaskan partikel komplek fisika dan alogaritma matematika yang rumit, dan dengan berjalannya waktu, telah tercipta Kubus rubik dengan berbagai bentuk dan ukuran yang menakjubkan.

No comments:

Post a Comment