Wikipedia

Search results

Thursday 15 March 2012

Mengenal Ancaman Di Internet (Bagian Satu)


Spam












Spam adalah email sampah yang kerap datang bertubi-tubi ke mailbox kita,tanpa kita kehendaki. Isi dari spam bermacam-macam mulai dari menawarkan produk atau jasa, hingga penipuan berkedok multi level marketing dan iklan-iklan yang tidak kita kehendaki. Spam termasuk masalah keamanan yang serius karena dapat digunakan untuk mengirimkan virus seperti Trojan,worn dan lain sebagainya.

Kiat Jitu Menghindari Spam

Untuk menghindari atau meminimalisir spam masuk ke email kita berikut ini ada kiat jitunya cekidot :

A.      Tidak usah membalas email dari orang yang tidak di kenal.

B.      Waspadalah mengirimkan email “remove” dan “unsubscribe” kepada pengirim spam, karena dapat membuat pemilik spam tahu bahwa email kita aktif, dan akan mengakibatkan spam masuk ke email kita menjadi semakin banyak.


C.      Jangan pernah membuka link atau alamat situs yang di berikan di email kita dari orang yang tidak jelas pengirimnya.

D.      Buatlah alamat email berbeda untuk setiap keperluan, misalnya alamat untuk facebook di bedakan dengan alamat email tugas.


E.       Hindari memberikan alamat email kepada sembarang orang, termasuk memasangnya di situs jejaring social, seperti facebook,twiter.

F.       Jika harus mencantumkan email maka ganti lah symbol “@” pada email menjadi “at” agar tidak terdeteksi otomatis sama mesin pencari alamat email milik spammer

G.     Pasang Software anti spam di computer atau leptop kita

H.      Aktifkan fitur anti spam di email anda, biasanya yahoo,google atau pun hotmail memiliki fitur anti spam.

No comments:

Post a Comment